4 Manfaat Banyak Minum Air, Perhatikan Nomor Dua

Manfaat Banyak Minum Air

Struktur jaringan tubuh manusia sebagian besar adalah air. Oleh karena itu, ada banyak manfaat banyak minum air putih. Selain untuk menjaga kesehatan tubuh, minum air  juga bisa menjaga kecantikan.

Ada berbagai macam minuman yang bisa dikonsumsi untuk mencukupi asupan cairan. Salah satu jenis cairan yang paling baik adalah air putih. Karena air tersebut bebas kalori dan gula. Sehingga lebih menyehatkan dibandingkan lainnya. Lalu, apa saja manfaatnya?

Manfaat Banyak Minum Air Putih untuk Kesehatan

Perlu diketahui kalau disarankan minum air putih  gelas sehari  atau sama dengan 2 liter. Kebutuhan mengkonsumsi air setiap orang berbeda-beda. Tapi, tetap saja ada banyak manfaat banyak minum air putih bagi tubuh. Berikut manfaatnya.

Mencegah Dehidrasi

Dehidrasi merupakan salah satu penyebab performa fisik menurun. Apalagi ketika akan menjalani olahraga berat atau berada pada lingkungan dengan suhu panas. Kehilangan cairan dengan minimal 2 persen saja sudah bisa mengakibatkan dehidrasi serius.

Sehingga terjadi perubahan suhu tubuh atau merasa cepat lelah ketika melakukan aktivitas berat. Minum banyak air putih akan bisa dirasakan ketika akan melakukan kegiatan yang memerlukan aktivitas fisik.

Bukan hanya untuk mencegah dehidrasi, juga bisa mencegah stress oksidatif ketika menjalani olahraga berat.

Menjaga Kesehatan Ginjal

Penyakit batu ginjal merupakan salah satu yang sering menjadi keluhan oleh orang yang berusia 60 sampai 70 an. Kondisi tersebut terjadi karena zat-zat dengan kelarutan rendah.

Tapi, tidak perlu khawatir karena penyakit tersebut bisa dicegah dari sekarang dengan rutin banyak minum air putih. Asupan cairan yang cukup bisa menghancurkan konsentrasi mineral yang bisa berubah menjadi batu ginjal.

Membantu Menurunkan Berat Badan

Bagi yang menjalani program diet, disarankan untuk rutin minum air putih. Karena minum air putih yang cukup bisa mempercepat program diet yang sedang dijalani. Alasannya dengan minum air putih akan membuat perut lebih cepat kenyang.

Bukan hanya itu saja, minum air putih juga bisa meningkatkan metabolisme tubuh yang bermanfaat untuk membakar kalori harian. Jangan lupa untuk memperhatikan waktu untuk minum air. Terutama yang menjalani program diet.

Menjaga Kesehatan Kulit

Manfaat lainnya minum air putih adalah menjaga kesehatan kulit. Perlu diketahui kalau sebagian besar jaringan pada sel kulit terdiri atas air. Jadi, ketika kurang asupan air, maka akan mengganggu proses fisiologis. Akibatnya kulit akan terlihat kusam dan kering.

Rutin minum air putih juga bisa membantu untuk mencegah tanda penuaan dini, seperti flek hitam dan garis-garis halus. Bukan hanya itu saja, air juga bermanfaat untuk menjaga kelembaban kulit. Hanya dengan minum air putih juga bisa mengeluarkan racun dan kotoran dari tubuh.

Sekitar 60 sampai 70 persen, tubuh manusia mengandung cairan atau air. Oleh karena itu, ada banyak manfaat banyak minum air putih selain di atas. Ketahui tanda-tanda ketika tubuh kekurangan cairan, sehingga tidak mengganggu kesehatan tubuh.

Back To Top