5 Manfaat Makanan Prebiotik untuk Kuatkan Imun Tubuh Anak

5 Manfaat Makanan Prebiotik untuk Kuatkan Imun Tubuh Anak

Manfaat prebiotik sangatlah beragam bagi anak-anak yang sedang pada masa pertumbuhan. Pasalnya, bakteri baik ini sanggup melawan bakteri jahat pada saluran pencernaan anak. Maka dari itu, penting untuk memberikan makanan prebiotik kepada anak Anda. Cara kerja probiotik meningkatkan sistem imun anak, ketahui juga manfaat prebiotik lainnya.

1. Melancarkan Pencernaan

Masalah pencernaan merupakan masalah banyak orang, termasuk anak-anak. Padahal, situasi ini dapat diatasi dengan mengkonsumsi prebiotik yang cukup. Prebiotik dapat mengoptimalkan proses pencernaan dimana senyawa ini memecah makanan dan menyerap nutrisi.

Selain itu, tingginya tingkat bakteri baik di usus dapat menutupi dinding usus sehingga mengurangi risiko kekurangan gizi pada anak. Konstipasi atau masalah pencernaan sendiri sangat tidak nyaman bagi anak-anak. Kemampuan tumbuh kembangnya juga dipengaruhi oleh proses pencernaan yang baik.

2. Memperbaiki Mood

Siapa sangka prebiotik ternyata bisa meningkatkan mood anak? Prebiotik dalam saluran pencernaan anak dapat meningkatkan serotonin. Serotonin berguna untuk menciptakan perasaan senang dan puas serta untuk mengatur nafsu makan dan tidur.

Sebelumnya diketahui bahwa prebiotik dapat meningkatkan kesehatan pencernaan. Jika saluran pencernaan anak Anda dalam kondisi baik, suasana hatinya juga akan membaik. Karena itu, produksi serotonin bekerja secara optimal. Selain itu, 90% kandungan serotonin diproduksi di usus.

3. Meningkatkan Kesehatan Otak

Tidak hanya baik untuk sistem pencernaan, mengkonsumsi prebiotik juga bermanfaat bagi perkembangan otak anak Anda. Ini karena bakteri baik mampu mengoperasikan neurotransmitter secara efisien dalam komunikasi antara otak dan usus.

Asupan yang cukup juga memicu produksi hormon relaksasi atau melatonin di otak. Hormon-hormon ini berperan dalam menjaga suasana hati, meningkatkan kualitas tidur dan mencegah kelelahan pada anak Anda.

4. Mengurangi Kolik pada Bayi

Keseimbangan bakteri baik dan jahat (microbioma) pada bayi dengan kolik terbukti berbeda dengan bayi sehat. Pada bayi dengan kolik, tingkat bakteri berbahaya, seperti bakteri penyebab diare, escherichia coli diketahui lebih tinggi daripada pada bayi tanpa kolik.

Tak hanya itu, jumlah bakteri lactobacillus pada anak penderita kolik juga tercatat lebih rendah dibandingkan anak normal. Konsumsi prebiotik yang kaya lactobacillus reuteri dapat mengurangi frekuensi waktu menangis bayi dengan kolik tanpa efek samping. Bahkan, penelitian ini juga menemukan bahwa durasi tangisan yang intens berkurang hingga 50%.

5. Meningkatkan Imunitas

Memberi anak Anda makanan yang mengandung prebiotik ini adalah cara paling efektif untuk mencegah masalah kesehatan pada anak. Semakin tinggi jumlah senyawa ini dalam tubuh anak, semakin efektif tubuh dalam menyeimbangkan sel B dan T. Kondisi ini akan berdampak positif bagi kesehatan anak Anda, termasuk mempercepat respon tubuh untuk melawan bakteri jahat.

Itu lah beberapa manfaat dari prebiotik untuk anak. Seluruh manfaat tersebut bisa didapatkan anak dengan pemberian makanan prebiotik yang cukup. Sebagai orang tua, Anda harus selalu mengawasi nutrisi yang dikonsumsi anak demi kesehatannya.

Back To Top