5 Tips Memilih Sepeda yang Tepat untuk Anak

5 Tips Memilih Sepeda yang Tepat untuk Anak

Bersepeda yang acap dilakukan pada pagi dan sore hari merupakan aktivitas fisik yang disukai semua kalangan. Anak usia balita suka dengan aktivitas bersepeda sejak melihat orang dewasa atau anak yang lebih besar melakukannya. Toh, ada banyak model sepeda di pasaran yang didesain dengan ukuran sesuai perkembangan usia anak. Manfaat bersepeda akan membuat si kecil lebih aktif dan sehat, lho!

Memilih sepeda yang sesuai untuk anak

Anda yang memiliki anak usia balita, maka wajib memperhatikan tips memilih sepeda yang tepat. Jangan sampai Anda membeli sepeda yang terlalu kecil atau terlalu besar sehingga si kecil kesulitan belajar berkendara. Yuk, simak 5 cara memilih sepeda yang tepat sesuai perkembangan anak berikut!

1.  Mengetahui ukuran sepeda yang tepat

Langkah pertama yang harus Anda perhatikan adalah ukuran sepeda si kecil. Di pasaran, ada standar ukuran sepeda yang harus Anda ketahui mulai 12’, 14’, 16’ hingga ukuran yang lebih besar. Jangan jadikan usia sebagai patokan, tetapi berat dan tinggi anak sangat mempengaruhi kemahiran belajar bersepeda nanti.

2.  Mengukur inseam

Berkaitan dengan poin nomor satu, Anda perlu mengukur inseam atau panjang pangkal paha hingga pergelangan kaki anak. Ukuran inilah yang bisa menjadi patokan untuk penjual dalam memilih sepeda yang tepat. Apalagi Anda yang bisa membeli sepeda secara online, pastikan ukuran dengan benar. Cukup minta anak untuk berdiri tegak di tembok dan gunakan meteran untuk mengukur panjang kaki si kecil.

3.  Memilih sepeda yang ringan

Bobot sepeda yang terlalu berat bisa menyulitkan anak untuk mengontrol dan menyeimbangkan tubuh. Anda yang ingin mengajari anak bersepeda, bisa menambahkan training wheels yang membantu kemudahan mengendarai pertama kali.

Pilih sepeda yang terbuat dari rangka titanium atau baja yang lebih ringan untuk buah hati. Manfaat bersepeda bisa anak dapatkan, alih-alih memakai sepeda berat yang menyusahkan anak untuk bermanuver.

4.  Sepeda dengan pelindung rantai

Jenis sepeda yang direkomendasikan untuk balita adalah sepeda dengan pelindung rantai. Anda jelas perlu mempertimbangkan keamanan dan keselamatan anak dalam berlatih sepeda nanti.

5.  Memilih sepeda dengan jaminan garansi

Tak hanya beli online saja yang membutuhkan garansi dan keaslian produk, maka sebaiknya Anda juga memastikan sepeda offline memiliki hal yang sama. Cari informasi yang lengkap di berbagai media untuk mendapatkan merek sepeda yang berkualitas.

Perhatikan ulasan yang diberikan oleh pelanggan lain terkait pembelian dan pemakaian sepeda merek tersebut, ya! Kalau anak Anda sudah besar pun, sepeda yang masih bagus bisa dijual preloved dengan harga tinggi.

Yuk, pertimbangkan untuk membeli sepeda yang bagus agar si kecil lebih aktif belajar berkendara! Manfaat bersepeda bisa memberikan kesehatan dan kebugaran tubuh anak, lho! Anda dan anak bisa menjadikan bersepeda sebagai olahraga rutin setiap pagi atau beberapa kali dalam seminggu. Mendapatkan waktu quality time sekaligus menyehatkan, kenapa tidak?

Back To Top