5 Variasi Makanan Berbahan Dasar Kopi

5 Variasi Makanan Berbahan Dasar Kopi

Menikmati kopi dapat dilakukan dengan meracik kopi dari bijinya ataupun menggunakan kopi sachet. Mana pun pilihan Anda, minuman kopi yang diracik tetap mampu memberikan rasa otentik dan khas.

Belakangan ini, kopi bukan hanya diolah sebagai minuman panas maupun dingin dengan paduan berbagai bahan lain, misalnya gula, susu, krim, dan lainnya. Namun, kopi juga menjadi bahan dasar dalam makanan. Adanya kopi sebagai bahan dasar makanan memberikan rasa khas dan menjadi cara lain dalam menikmati kopi.

Makanan yang Menggunakan Kopi

Menikmati kopi sebagai minuman sudah biasa. Apabila Anda ingin mencoba cara berbeda dan tidak biasa, maka bisa mencoba beberapa makanan berikut ini. Dijamin Anda akan semakin menyukai kopi, bahkan yang tidak suka kopi pun dapat menyukai kopi.

1.     Pasta dengan Bumbu Kopi

Anda suka menikmati makanan Italia? Pasta mungkin menjadi salah satu makanan Italia yang paling banyak disukai. Pasta memiliki berbagai macam bentuk dan disajikan dengan berbagai bumbu.

Bahan pembuat saus untuk pasta biasanya terdiri atas saus tomat, keju, daging, ikan, sayuran, dan sebagainya. Pernahkah Anda mencoba pasta dengan bumbu kopi? Jika belum, Anda wajib mencoba menu satu ini. Bumbu kopi yang meresap ke dalam pasta akan memberikan cita rasa unik dan berbeda.

2.     Ramen Kopi

Jika biasanya Anda menikmati kopi sachet dengan menyeduhnya bersama air panas atau disajikan dalam bentuk dingin, kali ini ada variasi baru dalam menikmati kopi yaitu dengan menjadikannya kuah ramen.

Ramen merupakan salah satu mie khas Jepang yang kuahnya biasanya dibuat dari kaldu daging. Namun, olahan ramen kopi membuat cita rasa ramen menjadi berbeda dengan kaldu rasa kopi ditambah toping pisang, kiwi, potongan daging dan es krim.

3.     Puding Kopi

Olahan kreasi puding memang tidak ada matinya. Anda dapat menggunakan susu, cokelat, santan, buah-buahan, bahkan sayuran sebagai bahan pembuatnya. Kopi juga dapat dimanfaatkan sebagai bahan pembuat puding dan cukup digemari di tanah air.

4.     Selai Kopi

Bosan dengan selai cokelat, kacang, atau yang berasal dari buah-buahan? Mungkin Anda perlu mencoba selai kopi yang belakangan ini sangat populer di negara Eropa. Bermula dari Italia, selai kopi mulai menyebar ke wilayah Eropa dan memasuki Amerika serta Asia. Makan roti dengan selai kopi sepertinya enak juga.

5.     Keripik Kentang dengan Taburan Bubuk Kopi

Makan keripik kentang bukan lagi hal aneh. Sebab camilan satu ini memang sangat disukai, dari anak-anak hingga dewasa doyan ngemil keripik kentang. Anda bisa menikmatinya polosan tanpa taburan apa pun atau menggunakan bumbu tabur bbq, keju, dan varian rasa lain. Jika bosan dengan varian yang biasa, cobalah bubuk kopi sebagai topping keripik kentang Anda.

Menikmati kopi sachet kini bukan hanya satu cara saja, tapi ada berbagai cara yang dapat digunakan. Untuk pecinta kopi dapat mencoba beberapa menu kreasi kopi di atas sebagai cara baru menikmati kopi.

Back To Top