6 Permainan Stimulasi Anak 2 Tahun dalam Segi Kecerdasannya

6 Permainan Stimulasi Anak 2 Tahun dalam Segi Kecerdasannya

Anak dua tahun mempunyai perkembangan pesat pada bagian kognitif di bagian otaknya. Masih termasuk ke dalam usia keemasan dan anak lebih mudah menerima suatu hal yang baru. Selain memberikannya gizi yang cukup dan lengkap, anak juga harus diberikan stimulasi berupa gerakan fisik. Cara paling mudah dan menyenangkan untuk meningkatkan stimulasi anak 2 tahun segi kecerdasannya dengan permainan berikut ini.

1. Balok Mainan

Mainan berupa balok-balok yang dimainkan dengan cara disusun. Bisa menggunakan mainan lego atau duplo guna melatih kecerdasan anak dalam merangkai susunan balok. Sebaiknya pilih balok dengan ukuran besar karena anak sedang dalam masa aktif. Jika mainan berukuran kecil dapat dikhawatirkan membuat anak tersedak. Pilih jenis mainan dengan beragam warna dan dari bahan non-toxic paint. Permainan ini dapat melatih kesabaran dan membangun bentuk.

2. Bola

Permainan paling mudah dimainkan dan selalu disukai oleh anak-anak. Mainkan di ruangan lebar atau di halaman terbuka bersama dengan teman-temannya. Jika ingin memantau, orang tua juga bisa ikut bermain. Bisa dimainkan dengan cara melemparnya, menggiringnya hingga memasukkannya ke suatu wadah. Bermain bola tidak hanya membangun kecerdasan anak namun juga melatih keterampilan motorik seperti melempar, menendang dan juga menangkap.

3. Bermain Masak-Masak

Sekarang bermain masak-masakkan sudah tidak seribet dahulu. Tidak lagi harus menyiapkan bahan dan juga membuat peralatan secara mendadak. Kini sudah tersedia banyak mainan plastik berupa peralatan satu set dapur mainan. Tergolong everlasting karena orang tua tidak perlu lagi memberikan mainan model terbaru. Bertujuan mengasah kreativitas dan imajinasi anak.

4. Puzzle

Manfaat paling utama permainan ini adalah untuk melatih daya ingat dan mengasah tingkat memori anak. Cara bermainnya sangat sederhana karena anak hanya perlu meletakkan potongan puzzle ke posisi yang sesuai dengan potongan tersebut. Sangat berguna untuk melatih kesabaran anak karena perlu memilah potongan puzzle yang sesuai.

5. Bermain Kartu

Bermain kartu yang dimaksud adalah mengingat gambar-gambar yang ada di dalam kartu. Setiap kartu mempunyai gambar yang berbeda-beda. Kartu akan dibuka dengan memperlihatkan gambar, anak disuruh mengingatnya. Kemudian kartu tersebut akan ditutup dan anak akan diminta mengingat gambar dari kartu yang ditunjuk. Bertujuan mengingat letak posisi kartu yang benar.

6. Permainan Menyusun Huruf

Penyusunan huruf dapat menggunakan balok berbentuk atau bertuliskan huruf-huruf. Biasanya setiap huruf mempunyai warna yang berbeda-beda. Anak lebih mudah dalam melafalkan huruf-huruf karena usia ini anak sudah banyak berbicara. Anak juga lebih mudah mengingat huruf karena adanya warna sebagai identitas huruf. Membantu meningkatkan memori serta kosa kata anak.

Itulah beragam permainan yang membantu stimulasi anak 2 tahun dari segi kecerdasannya. Adanya permainan tidak hanya melatih keterampilan kognitif dan kecerdasan pada anak namun juga meningkatkan keterampilan sensorik dan motorik. Anak bisa mengenal tekstur dari suatu benda hingga aktif bergerak.

Back To Top