6 Pilihan Minuman Untuk Menurunkan Kolesterol

6 Pilihan Minuman Untuk Menurunkan Kolesterol

Saat ini, banyak orang minum minuman untuk menurunkan kolesterol. Kolesterol adalah suatu lemak atau zat lipid yang tidak dapat larut dalam air. Kelebihan kadar kolesterol dalam tubuh juga dapat menyumbat arteri sehingga mengganggu peredaran darah yang mengangkut oksigen ke seluruh tubuh.

Hal Untuk Menurunkan Kolesterol

Kolesterol sulit mengalir dalam darah sehingga dibutuhkan lipoprotein untuk mengangkut kolesterol dan mengeluarkannya. Kolesterol terbagi menjadi 2 jenis yaitu kolesterol jahat / LDL dan koleksterol baik / HDL. Apabila LDL dibiarkan maka akan menumpuk hingga menimbulkan masalah kesehatan terutama serangan jantung dan stroke.

Akan timbul juga gejala seperti luka yang sulit sembuh, pembengkakan dan nyeri pada tungkai, lengan, dan kaki yang bisa juga menimbulkan mati rasa, kulit pucat, dan menggigil. Gejala yang dirasakan setiap orang berbeda-beda tergantung tingkat keparahannya. Meskipun begitu, banyak yang tidak merasakan gejalanya sehingga tidak menyadari bahwa ia memiliki kadar kolesterol tinggi hingga akhirnya mengalami masalah kesehatan serius.

Mulailah membiasakan diri dengan berolahraga rutin sebagai salah satu bentuk menjalankan gaya hidup sehat. Olahraga rutin memang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah serta meningkatkan kesehatan jantung. Bisa dengan melakukan olahraga ringan seperti aerobik, jalan cepat, jogging, bersepeda dan berenang.

Pastikan juga berat bedan ideal, menghindari atau berhenti merokok, dan juga menghindari minum alkohol agar kadar alkohol dalam tubuh kembali normal. Pastikan juga untuk mengonsumsi makanan sehat penurun kolesterol serta menjauhi makanan dan minuman terlalu manis, tinggi kolesterol, dan kaya akan lemak jahat.

Minuman Untuk Menurunkan Kolesterol

  1. Minuman Dark Chocolate

Cokelat hitam memang ada yang dalam bentuk bar namun ada yang dalam bentuk minuman. Dark chocolate terdiri dari persentase coklat asli yang berbeda-beda. Semakin tinggi persentasenya rasa dark chocolate akan semakin pahit karena tidak ada campuran bahan lainnya seperti susu dan gula. Namun semakin tinggi persentasenya, umumnya manfaat yang didapatkan akan lebih maksimal karena tidak mengandung gula dan rendah lemak.

  1. Jus Alpukat

Minuman lainnya untuk menurunkan kadar kolesterol adalah jus alpukat. Alpukat kaya akan serat dan lemak tak jenuh sehingga bisa membantu menurunkan kolesterol jahat dan mencegah penumpukan berlebih dalam darah.

  1. Jus Apel

Apel merupakan buah yang kaya akan manfaat baik bagi tubuh termasuk penurunan kolesterol jahat dalam tubuh. Apel memiliki kandungan polifenol untuk mengurangi inflamasi dan oksidasi kolesterol jahat. Kandungan pektin juga bisa membantu mengurangi kolesterol jahat.

  1. Teh Hijau

Teh hijau tanpa campuran apapun termasuk gula dapat mencegah vasokonstriksi dan kaya akan antioksidan. Kandungan katekin bisa mencegah penyerapan kolesterol jahat dan melindungi tubuh dari radikal bebas.

Apabila ingin minuman untuk menurunkan kolesterol yang lebih praktis, coba Nestlé ACTICOR yang memiliki kandungan beta glukan dan inulin untuk  mengurangi kolesterol. Minum 2x sehari setelah makan untuk hasil maksimal. Tersedia 4 varian rasa yaitu green tea latte, alpukat, cokelat, dan pisang.

Back To Top