7 Makanan Penambah Imun Tubuh agar Tak Gampang Sakit

Makanan Penambah Imun Tubuh agar Tak Gampang Sakit

Saat ini penyakit semakin beragam. Cuaca yang tak menentu berisiko menyebabkan tubuh lebih mudah sakit. Oleh karenanya, Anda harus bisa membentengi diri agar kuat menghadapi serangan kuman penyakit. Yuk, kenali beberapa makanan penambah imun tubuh yang bisa Anda konsumsi tiap hari!

1. Buah Jeruk dan Family-nya

Keluarga buah citrus memiliki kandungan vitamin C. Adanya vitamin ini berguna untuk membantu produksi sel darah putih (leukosit). Perlu diketahui bahwa leukosit berperan aktif sebagai penangkal tubuh dari penyakit. Apabila jumlah leukosit rendah tentu kekuatan imunitas menurun.

Beberapa contoh buah citrus diantaranya jeruk orange, jeruk bali, jeruk keprok, lemon, dan jeruk nipis. Jeruk orange bisa dikonsumsi tiap saat karena memang dimakan sebagai buah. Jeruk lemon atau nipis bisa dibuat minuman seduh dengan tambahan madu atau gula agar lebih manis.

2. Paprika Merah dan Cabai

Selain citrus dan keluarganya, sumber vitamin C juga bisa didapat dari paprika merah dan cabai. Paprika bisa Anda olah menjadi salad sayur segar atau pelengkap tumisan. Sementara itu, bagi pecinta pedas Anda bisa memanfaatkan cabai sebagai bumbu makanan sekaligus penguat sistem imun.

3. Jambu Merah

Jambu merah atau guava menjadi sumber vitamin C yang lebih tinggi dibanding buah jeruk maupun cabai. Terdapat sekitar 250–300 mg vitamin C pada buah jambu merah sedangkan jeruk hanya mengandung sekitar 50 mg. Walaupun demikian, sangat dianjurkan Anda mengkonsumsi vitamin C secara cukup sesuai kebutuhan. Terlalu banyak konsumsi berisiko menyebabkan sakit kepala, gangguan pencernaan, kram perut, hingga terbentuknya batu ginjal.

4. Bawang Putih

Di samping digunakan sebagai bumbu dapur wajib, ternyata bawang putih dijadikan obat yang mampu melawan infeksi. Bawang putih mengandung konsentrasi padatan senyawa yang mengandung sulfur, seperti allicin. Zat ini bertugas untuk memperkuat sistem imunitas tubuh Anda.

5. Jahe

Jahe memiliki banyak manfaat dalam kesehatan Anda. Jahe mengandung vitamin C dan gingerol yang mendukung ketahanan tubuh dari penyakit. Minum seduhan jahe bisa menghangatkan tubuh, memberi relaksasi, serta menghindarkan infeksi kuman penyakit.

6. Sup Ayam dan Sayur

Sup ayam dan campuran sayur sepertinya menjadi menu mujarab saat seseorang sakit. Ayam mengandung vitamin B6 yang berguna untuk merangsang pembentukan sel darah merah. Gelatin dan chondroitin dalam kaldu rebusan ayam juga membantu proses penyembuhan usus dan sebagai penguat imun. Tambahan sayur menjadi pelengkap vitamin dan mineral yang baik untuk pemulihan pasca sakit maupun pencegahan.

7. Teh Hijau

Green tea kaya akan kandungan antioksidan yang tinggi. Flavonoid yang terkandung di dalamnya membantu tubuh untuk lebih prima. Teh hijau juga memiliki asam amino L-theanine yang mana berguna untuk produksi germ-fighting agar tubuh senantiasa sehat.

Makanan penambah imun tubuh harus dikonsumsi seimbang tiap harinya. Hal ini dapat menjadi booster tubuh agar imunitas tetap terjaga. Badan yang sehat tentunya lebih baik dan membuat Anda bergerak aktif dalam berbagai aktivitas.

Back To Top