8+ Bentuk Perut Hamil 10 Minggu Dan Kondisi Janinnya

8+ Bentuk Perut Hamil 10 Minggu Dan Kondisi Janinnya

Bagi sejumlah wanita, kehamilan memasuki usia 10 minggu masih belum dikenali secara jelas. Alasan utamanya adalah perut belum terlihat membesar, padahal sebenarnya sudah banyak perkembangan yang terjadi pada janin. Penasaran seperti apa kondisi janin dan bentuk perut hamil 10 minggu? Pastikan menambah wawasan Anda dengan informasi pentingnya berikut ini.

Di penghujung trimester pertama kehamilan ini, wanita sebenarnya banyak merasakan gejala kehamilan. Seperti mual di pagi hari, mood yang mudah berubah dalam waktu singkat, atau kelelahan maksimal. Hanya saja semua terkadang diabaikan akibat kesibukan atau kondisi lainnya.

3 Bentuk Perut Hamil 10 Minggu Yang Paling Terlihat

Jika dilihat sepintas mungkin tidak akan ada bedanya, bentuk perut wanita normal dengan wanita yang sedang hamil 10 minggu. Tapi, saat diperhatikan secara lebih detail ada beberapa indikasi bentuk perut yang bisa terlihat di usia kandungan tersebut.

  • Ada Benjolan Sebesar Jeruk

Pada umumnya akan terlihat benjolan sebesar buah jeruk di bagian perut bawah, itu merupakan janin yang sudah mulai terbentuk. Posisi benjolan ini bisa berubah-ubah, kadang di tengah perut bawah, samping kiri, atau samping kanannya.

Ada juga wanita yang mengeluhkan sulit berdiri sehabis duduk karena adanya rasa ngilu luar biasa pada area perut bawah tersebut. Penyebabnya adalah posisi janin yang masih kecil, menekan bagian bawah perut yang sedang dalam proses penyesuaian diri dengan Kehadiran si janin.

  • Bagian Bawah Perut Mengeras

Jika ditekan pada perut bagian bawah, akan terasa keras dan bisa membuat kram perut dalam waktu cukup lama. Ada yang mengabaikannya, tapi bagi yang peduli akan langsung memeriksakan diri untuk memastikan apa yang terjadi pada perut mereka.

  • Pembesaran Area Perut

Untuk wanita yang sudah beberapa kali hamil dan melahirkan, perut pada usia kehamilan 10 minggu sudah memperlihatkan bentuk bulat kecil. Itu bisa saja efek dari lemak perut yang tebal, sehingga perubahan sedikit saja akan terlihat jelas.

Kondisi Janin Pada Usia 10 Minggu

Beberapa perkembangan signifikan sudah terjadi pada janin di usia 10 minggu, pastikan Anda mengetahuinya. Jadi, jika suatu saat nanti Anda hamil memasuki usia tersebut akan lebih paham apa yang perlu dilakukan untuk menunjang tumbuh kembang janin.

  • Wajah Mulai Terlihat

Janin sudah memiliki mata, hidung, dan mulut yang terus berkembang. Walaupun saat dilakukan USG belum terlalu kelihatan.

  • Sudah Bisa Pejamkan Mata

janin sudah dapat mengedipkan mata secara perlahan. Makin sempurna pertumbuhan matanya, akan semakin pintar dia berkedip.

  • Detak Jantung Terdengar

Di usia inilah biasanya detak jantung janin sudah mulai terdengar, saat calon ibu melakukan pemeriksaan.

  • Mulai Bergerak

Gerakan janin sudah ada walaupun kebanyakan belum bisa dirasakan oleh calon ibu.

  • Organ Vital Sudah Terbentuk

Pertumbuhan organ vital di usia ini sudah sangat signifikan walaupun belum sempurna.

Jangan abaikan kehamilan pada trimester pertama ini, ketika Anda sudah tahu bentuk perut hamil 10 minggu maka saatnya untuk lebih siap menjaga kehamilan. Agar perkembangan janin bisa maksimal sesuai usia kandungan.

Back To Top