Apa Itu Asuransi Penyakit Kritis dan Siapa yang Harus Punya?

Apa Itu Asuransi Penyakit Kritis dan Siapa yang Harus Punya?

Tak ada satu orang pun yang bisa memprediksi kapan atau penyakit apa yang bakal menyerang. Bukan rahasia lagi bila biaya pengobatan penyakit tidaklah murah. Menurut data Mercer Marsh Benefits di 2019, Indonesia memiliki kenaikan biaya medis sampai 11 persen tiap tahunnya. Maka, menjaga kesehatan dan mempersiapkan diri dengan daftar asuransi penyakit kritis menjadi langkah yang penting.

Jenis-Jenis Penyakit Kritis

Stroke

Stroke terjadi ketika adanya gangguan dalam pasokan darah ke otak. Biaya pengobatan stroke bisa mencapai Rp 150 juta hingga Rp450 juta.

Kanker

Kanker adalah tumor ganas. Pengidap kanker harus menjalani kemoterapi, imunoterapi, hingga operasi. Mereka juga butuh fasilitas penunjang seperti CTScan dan transfusi darah, yang jika ditotal bisa menelan biaya hingga Rp300 juta.

Diabetes 

Diabetes merupakan jenis penyakit metabolisme kronis karena berkurangnya efektivitas insulin. Biaya pengobatannya pun mencapai Rp150 juta.

Jantung

Gangguan dari penyakit jantung beragam, seperti pembuluh darah, irama, atau katup. Biaya pengobatan jantung bisa menyentuh sekitar Rp250 juta.

Penyakit Kritis Lainnya

Beberapa penyakit kritis lainnya adalah gagal ginjal, gangguan saraf akut, hepatitis, meningitis, hingga HIV/Aids.

Kriteria Yang Perlu Diperhatikan Dari Asuransi Penyakit Kritis

Cakupan Perlindungan Luas

Asuransi penyakit kritis yang baik memiliki cakupan perlindungan yang luas. Setiap orang tentunya memiliki riwayat kesehatan yang berbeda-beda. Oleh karena itu, penting untuk mengenali jenis-jenis penyakit kritis yang termasuk perlindungan sebuah asuransi.

Manfaat Jika Meninggal Dunia

Untuk mengurangi beban keluarga yang ditinggali oleh anggota keluarga yang meninggal dunia, sebaiknya daftar asuransi kesehatan keluarga, ya.

Proses Klaim Mudah

Ketika dokumen klaim lengkap, maka dalam jangka waktu tertentu, uang pertanggungan harus sudah sampai ke tangan nasabah.

Tips Memilih Asuransi Penyakit Kritis

Kenali Diri Sendiri dan Penyakit Turunan

Penyakit keturunan ini umumnya sulit dihindari Tapi, kenali juga riwayat kesehatan, sehingga kita bisa memahami risiko-risiko kesehatan di masa depan.

Sesuaikan Premi Dengan Penghasilan

Semakin banyak perlindungan yang diambil, makin besar pula premi yang dibayarkan. Maka dari itu, kenali diri sendiri serta riwayat penyakit, ya!

Pilih yang Terpercaya

Memilih asuransi penyakit kritis tentunya harus selektif. Kamu bisa mencoba asuransi online Super You. Premi terjangkau mulai dari Rp 30 ribu-an per bulan. Dapat uang pertanggungan tutup usia, dapat santunan harian khusus asuransi kesehatannya.

Back To Top