Apa Perbedaan Bumbu dan Rempah ?

Apa Perbedaan Bumbu dan Rempah ?

Bumbu dan rempah rempah ini pada dasarnya maksudnya adalah sama yaitu sebagai pemberi, penambah atau memberikan efek penyedap rasa menjadi lebih kuat dan enak pada semua jenis masakan baik dari sisi rasa dan tentu juga aromanya.

Maka dari itu tidak heran banyak orang yang mengatakan juga sebagai sebuah bumbu penyedap rasa, atau rempah rempah kalau bahasa jadulnya dimana negara kita sendiri adalah sumber rempah rempah terbesar di Dunia sejak jaman penjajahan dulu sampai dengan sekarang.

Tapi sayangnya memang, masih banyak saja jenis bumbu impor yang masuk ke negara kita, padahal produk bakunya sendiri bisa jadi bersumber dari Indonesia juga.

Bumbu rempah rempah yang umum dikenal di masyarakat seperti cengkeh, kemudian jahe, kunyit, dan lain sebagainya sangat mudah sekali ditemukan di petani Indonesia bahkan sampai jenis jenis lain seperti jahe, kemudian ketumbar dan nama nama rempah lain yang aneh misalka kapulaga, dan lain lain ada di Indonesia.

Namun baik bumbu dan rempah rempah sendiri ternyata dari sisi fungsi yang bisa dikatakan sama namun ada perbedaanya juga loh ?

Apa perbedaan bumbu dan rempah ?

Ya bedanya adalah rempah rempah sendiri merupakan sebuah bahan utama atau pokok yang langsung bersumber dari alam atau tanaman rempah seperti yang kamiĀ  katakan di awal paragraf diatas.

Sedangkan bumbu, merupakan bahan jadi yang sudah diolah sedemikian rupa dari bahan rempah rempah tadi sehingga menjadi sebuah kemasan yang siap digunakan tanpa adanya pengolahan lebih lanjut dan bisa menghasilkan cita rasa yang enak, khas dan lezat pada sebuah masakan baik dari sisi rasa sampai dengan aromanya.

Dari sini sudah paham kan bedanya bumbu dan rempah rempah ? singkatnya rempah rempah adalah bahan baku, sedangkan bumbu adalah bahan jadi yang sudah mengalami pengolahan baik secara tradisional sampai dengan pabrikan.

Secara praktik juga, rempah rempah ini tidak selamanya menjadi bumbu memang.

Ada banyak rempah rempah yang diolah sebagai obat tradisional, kemudian sebagai minuman bahkan sebagai obat oles, atau baby oil jadi sudah sangat jelas sekali perbedaanya keduanya.

Fungsi utama dari bumbu sendiri sangat khusus memang dimana memberikan rasa yang khas seperti rasa manis pada makanan, kemudian rasa asin, gurih sampai dengan pedas dan asam. Maka dari itu kalau sudah menjadi bumbu nanti ada klasifikasinya sendiri sendiri.

Mana bumbu yang khusus untuk mengasinkan, memberikan aroma enak, rasa pedas dan asam sseperti bumbu asam saus tiram, kemudian penyedap rasa lain yang tentunya sangat mudah kita temukan dan banyak dijual dalam bentuk kemasan sachet dan botol di pasaran.

Kemudian dari bumbu ini sendiri ada dua pembagian yang sangat umum sampai sekarang yang pertama ada jenis bumbu seasoning dan condiment.

Seasoning sendiri adalah jenis bumbu yang anda tambahkan ketika dalam proses memasak, seperti maggi seasoning misalkan yang merupakan bumbu saus tiram terbaik dan banyak jenis lain. Kemudian yang condiment sendiri bumbu jadi yang ditambahkan pada makanan jadi yang sudah siap di hidangkan contohnya adalah kecap, saus, sambal dan lain sebagainya.

Back To Top