Cara Menumbuhkan Rasa Percaya Diri Pada Anak yang Bisa Dilakukan di Rumah

Cara Menumbuhkan Rasa Percaya Diri Pada Anak yang Bisa Dilakukan di Rumah

Berpartisipasi dalam kompetisi olahraga di sekolah dapat menjadi salah satu cara menumbuhkan rasa percaya diri pada anak. Sayangnya, kegiatan tersebut juga sirna dengan diterapkannya kegiatan e-learning. Namun, jangan khawatir, ada cara lain untuk meningkatkan kepercayaan diri anak Anda bahkan saat mereka tidak memiliki aktivitas olahraga sekolah. Cara tersebut tentunya bisa dilakukan di rumah.

Menumbuhkan Rasa Percaya Diri Anak

1. Berolahraga di Rumah Bersama Keluarga

Tidak hanya di sekolah, berolahraga di halaman bersama keluarga juga bisa dilakukan. Ajak keluarga untuk mengikuti berbagai kegiatan olahraga bersama si kecil. Ibu-ibu juga bisa mengajak anaknya menyusun strategi untuk memenangkan mini contest. Beberapa permainan yang bisa dimainkan antara lain bulu tangkis, 3on3, tenis, serta senam. Cara menumbuhkan rasa percaya diri pada anak bisa dilakukan jika dilakukan secara rutin.

2. Membuat Catatan untuk Melihat Perkembangan Anak  

Jika Anda memiliki kegiatan rutin di rumah, pastikan untuk mencatat kemajuan anak Anda di buku catatan khusus. Dengan mencatat, Anda dapat mengukur kinerja mereka sehingga ketika grafik membaik, Anda dapat menunjukkannya kepada si kecil untuk membantu mereka merasa lebih percaya diri.

3. Unggah di Media Sosial

Cara menumbuhkan rasa percaya diri pada anak selanjutnya adalah dengan memposting aktivitasnya di media sosial aktivitas orang tua dan saudaranya. Ini dapat membantu anak Anda membangun kepercayaan diri saat mereka terbiasa berada di depan kamera. Tunjukkan pada anak Anda komentar positif yang dibuat di media sosial untuk meningkatkan kepercayaan diri mereka.

4. Berikan Penghargaan 

Setiap kali anak-anak menyelesaikan kegiatan, jangan lupa untuk memberikan penghargaan atas kerja keras mereka. Beberapa ide bisa ditiru seperti memberikan pujian, memberikan hadiah atau membuat makanan favorit Anda. Menurut penelitian, menawarkan reward bisa menjadi salah satu cara untuk membangun kepercayaan diri anak agar lebih semangat melakukan aktivitas fisik lainnya.

5. Challenge Untuk Anak

Ada banyak tantangan aktivitas fisik yang dapat Anda berikan kepada anak Anda. Misalnya, Balloon Challenge di mana anak harus melempar balon ke udara dan mencegahnya jatuh ke tanah. Ada juga Zig Zag Challenge yang meminta kita untuk menempatkan lima benda bersejarah dalam pola zig zag. Di Indonesia, Anda bisa mengajak anak Anda mengikuti tantangan MILOrobic Challange atau mencari tantangan lainnya di internet yang sesuai dengan usia si kecil.

Tentunya untuk menunjang berbagai aktivitas fisik anak, tubuh perlu mendapat suplai energi yang cukup. MILO Activ-Go bisa menjadi pilihan untuk melengkapi nutrisi si kecil. Minuman coklat bubuk ini mengandung coklat bubuk yang enak, ekstrak malt sebagai sumber energi dan susu sebagai sumber protein dan kalsium.

Selain itu, MILO Activ-Go mengandung berbagai vitamin, mulai dari B2, B3, B6, B2, C, hingga D. Jadi selain menerapkan cara menumbuhkan rasa percaya diri pada anak, jangan lupa penuhi kebutuhan nutrisinya.

Back To Top