Hal yang tidak boleh dilakukan saat meeting online

Hal yang tidak boleh dilakukan saat meeting online

Sejak WFH, meeting online sepertinya memang sangat menghabiskan waktu dalam sehari bekerja juga sebagian karyawan, meeting mungkin menjadi salah satu kegiatan yang paling membosankan. Anda harus bekerja seharian dan terkurung dalam ruangan diskusi yang serius dan menegangkan.

Meskipun kegiatan tersebut terasa menjengkelkan, jangan sampai Anda melakukan hal-hal lain yang bisa membuat Anda berada dalam masalah, yaitu sebagai berikut.

Multi tasking

Saat rapat sedang berlangsung, jangan sampai perhatian Anda terpecah pada kegiatan lain yang membuat Anda repot dan roaming ketika diminta menjelaskan sesuatu misalnya bermain social media atau bahkan push rank. Pasalnya, tujuan utama rapat adalah untuk memastikan suatu kegiatan atau proyek dapat berjalan lancar dan satu suara. Jadi, apabila Anda sedang rapat, curahkan perhatian Anda pada aktivitas tersebut sehingga rapat dapat berjalan lancar.

Background yang menganggu konsentrasi

Pastikan latar di belakang Anda bersih, rapi, dan tidak mengganggu konsenstrasi para peserta pertemuan terutama saat Anda yang dapat giliran bicara. Jika Anda kesulitan mendapatkan latar belakang yang bersih di rumah coba cari dan unduh dari internet dengan kata kunci Zoom’s virtual background.

Terima pendapat dengan adil

Selain soal urusan teknis, persoalan yang sifatnya skil juga perlu menjadi perhatian Anda. Salah satu respon yang salah dan perlu dihindari dalam rapat ialah tidak bersikap adil ketika menerima pendapat dari orang lain. Jika ada anggota yang memberikan idenya, sedapat mungkin terima ide tersebut dan jangan memotong atau menghakimi pendapatnya. Dalam rapat, semua pendapat ada baiknya ditampung dan diolah dengan baik.

Back To Top