Mengatasi Nafsu Makan Anak Selama Menaikkan Berat Badan

Mengatasi Nafsu Makan Anak Selama Menaikkan Berat Badan

Pertumbuhan anak yang optimal merupakan idaman bagi setiap orang tua. Dimana pertumbuhan anak yang ideal adalah berat badan anak dan tinggi anak akan berkembang setiap bulannya. Jika anak anda mengalami masalah perkembangan utamanya pada berat badan anak, maka ada baiknya anda memperhatikan pola makan anak anda. Bisa jadi pola makan anak anda menurun sehingga mengakibatkan masalah pada pertumbuhan tubuh mereka.

Pola makan anak yang tidak teratur akan menyebabkan berbagai permasalahan pada perkembangan dan pertumbuhan anak sehingga akan menghambat mereka. Pemberian nutrisi yang tepat akan menambah massa tubuh anak dan mendukung mereka untuk tumbuh dengan optimal. Jika nutrisi anak tercukupi, mereka dapat tumbuh yang dicirikan dengan mudah menangkap informasi disekitar mereka dan juga dapat beraktivitas dengan optimal. Jangan lupa juga pertumbuhan yang optimal juga mendukung kesehatan anak.

Apabila anak anda mengalami masalah pada nafsu makan mereka sehingga menyebabkan permasalahan pada berat badan mereka, ada baiknya anda mencari solusinya. Anda dapat memberikan vitamin omega 3 dan omega 6 dan juga zink untuk menunjang nafsu makan mereka Adapun manfaat zink antara lain yaitu untuk membantu penyembuhan luka, memperkuat sistem kekebalan tubuh, membantu pertumbuhan sel, membantu sintesis DNA, serta berperan penting dalam tumbuh kembang anak. Memberikan makanan yang menggugah selera mereka juga menunjang nafsu makan anak.

Ada beberapa cara menaikkan berat badan anak yang dapat anda lakukan dan menunjang nafsu makan mereka. Berikut merupakan beberapa cara menaikkan berat badan anak yang dapat anda terapkan :

  1.     Mencukupi kebutuhan nutrisi harian mereka

Dalam melakukan cara menaikkan berat badan anak, anda harus memperhatikan konsumsi nutrisi anak. Dimana kebutuhan anak akan vitamin dan mineral sangat tinggi selama masa pertumbuhannya. Kebutuhan mineral dan vitamin yang terpenuhi di samping pemberian nutrisi karbohidrat dan lemak yang tinggi akan menyeimbangkan konsumsi nutrisi mereka.

  1.     Meningkatkan porsi makan secara bertahap

Melakukan cara menaikkan berat badan anak adalah dengan menaikkan porsi konsumsi anak. Dimana anda dapat memberikannya secara bertahap agar anak tidak mual. Anda dapat menaikkannya sesendok secara berkala untuk membiasakannya. Cara ini juga dilakukan dengan memberikan makanan rutin selama 3 kali sehari.

  1.     Mengkonsumsi makanan tinggi karbohidrat dan lemak

Karbohidrat dan lemak mampu menaikkan massa tubuh anak. Sehingga memberikan makanan tinggi karbohidrat dan lemak mampu menunjang pertumbuhan anak. Konsumsi ayam goreng hingga daging dapat mendukung pembentukan massa tubuh. Anda juga dapat memberikan snack granola untuk mendukung karbohidrat anak.

  1.     Mengonsumsi air dan serat yang cukup

Konsumsi air yang cukup dan serat jangan dilupakan sebab pola makan anak yang berubah akan mempengaruhi pencernaan mereka.

  1.     Memberikan waktu tidur yang cukup

Waktu tidur ideal bagi anak adalah 10 jam sehingga anda harus menyediakan waktu yang cukup untuk anak anda beristirahat sehingga konsumsi nutrisi mereka berkurang.

Back To Top