Tips dan Cara Mengatasi Anak Susah Tidur dan Rewel

Tips dan Cara Mengatasi Anak Susah Tidur dan Rewel

Maslah dalam masa kanak kanak memang sangat kompleks, dari emosi anak yang tidak stabil, kemudian tingkah laku anak yang tidak bisa dikontrol, sampai pada kondisi anak yang rewel terus dan susah tidur.

Masalah susah tidur dan rewel pada anak adalah sebuah hal yang lumerah, karena bisa jadi mereka akan memasuki usia dimana fase peralihan sedang terjadi.

Anak rewel dan susah tidur bisa jadi menjadi satu paket atau bisa juga berbeda, ada anak yang tidak rewel namun susah tidur dan sebaliknya ada yang rewel namun tidurnya gampang.

Oleh karena itu kita bedah saja dua masalah pada anak ini menjadi bahasan yang berbeda. Yang pertama adalah cara mengatasi anak yang susah tidur.

Cara mengatasi anak susah tidur

Perhatikan faktor penyebabnya

Ini cara yang harus anda coba lakukan lebih dini, penyebab anak susah tidur sangat banyak sekali bisa jadi karena memang mereka mengalami kondisi kurang fit, seperti demam mislakan maka anda pastikan suhu tubuhnya dulu kalau masih berkisar antara 36 sampai dengan 37 derajat masih normal tapi kalau sudah 37,5 bahkan sampai 38 maka sudah pasti si anak sedang panas atau demam.

Jika dalam kondisi baik baik saja, coba cek seharian anak anda aktifitasnya ngapain saja. Apakah hanya berdiam di rumah sambil rebahan dan main gadget, nonton tv saja? Jika iya ini bisa jadi penyebab anak malam harinya tidurnya lama.

Maka dari itu kami sarankan kurangi aktifitas yang tidak bisa membuat sang anak bergerak bebas, kami sarankan ajak anak anda bermain yang melibatkan pergerakan pada tubuh mereka sehingga malam harinya mereka akan tidur dengan lelap karena kecapean.

Atau anda cek juga dari sisi lain seperti jam tidur anak, kemudian lingkunganya sampai pada kebiasaan haria anak anda karena ini adalah faktor terbesar yang membuat jam tidur anak molor.

Solusinya adalah simple tentu saja ketika anda tahu penyebabnya maka bisa mencari solusi yang tepat seperti mengajak anda bermain outdor, kurangi main gadget, kemudian jangan biarkan anak tidur di sore hari, berikan suasana yang nyaman di rumah anda, matikan lampu, atau bisa juga buat aturan jam 09 malam harus berada di kamar dan lain sebagainya.

Selanjutanya adalah masalah anak rewel sama saja sebenarnya mari kita coba bahas lebih detail dibawah ini.

Cara mengatasi anak rewel

Anak rewel disebabkan ada dua kemungkinan yang pertama adalah karena di tubuhnya ada masalah. Bisa jadi karena tidak enak badan, sakit perut misalkan. Kemudian faktor lainya adalah karenaa mood mereka terganggu.

Dalam hal ini kebanyakan yang menjadi tugas berat orang tua adalah ketika anak sehat sehat saja tapi rewel terus. Disebabkan mungkin karena keinginanya yang tidak tersampaikan, misalkan ingin membeli es krim tapi tidak boleh, ingin membeli mainan tapi tidak boleh dan lain sebagainya.

Solusinya adalah orang tua harus pintar mencari pengalihan perhatian si anak. Dimana ini cara terbaik dalam mengendalikan emosinya bukan dengan cara memarahi, karena memarahi anak bagaimapaun bentuknya adalah sebuah kekeliruan.

Back To Top